Struktur Data Bahasa C

Selamat pagi agan-agan semua, kali ini AlprogAsik akan menulis artikel tentang struktut data dalam bahasa C. Seperti yg agan semua mungkin tidak ketahui, semua program di komputer mempunyai struktur datanya masing-masing. Hal ini bisa dianalogikan seperti dalam dunia nyata, what? Dalam pelajaran bahasa Indonesia SMP, kita pernah diajarkan tentang menulis suatu proposal, yak khan? Nah dalam proposal tersebut membutuhkan suatu struktur di dalamnya yg bertunjuan agar suatu informasi dapat diterima oleh orang lain dengan singkat, padat, dan jelas. Begitupun dalam bahasa C. Struktur data diperlukan utk menyampaikan informasi kepada komputer dengan singkat dan sejelas-jelasnya, sehingga antara komputer dan manusia dapat saling mengerti satu sama lain. Ceiilee.. Cekidot..

Sebelumnya, ane tampilkan dahulu contoh penulisan program dalam bahasa C berikut :

/**
* My first C/C++ program
*/
#include <stdio.h>
main() {
// menampilkan tulisan ”Hello world” pada layar
printf("Hello world!");
}
Dan hasilnya adalah seperti berikut :



Langsung saja setelah habis basa-basi lama. Struktur data dalam bahasa C dibagi menjadi 6 bagian :
  1. Preposesor
  2. Main Function (baca : bagian utama)
  3. Pembuka Blok
  4. Komentar
  5. Statement/perintah
  6. Penutup Blok
Setelah itu ane akan jelaskan satu-satu :
  1. Preposesor digunakan untuk menyertakan file header ke program. Maksud dari file header akan dijelaskan kapan-kapan. Contoh proposesor : #include
  2. Main Function merupakan kumpulan dari statement-statement yg berfungsi nantinya untuk menjalankan program, maksudnya tempat untuk menampung isi dari sebuah rumus. Bingungs?(tanya aja lewat komentar. hehe ). Hal yg wajib ada di C adalah main.
  3. Pembuka blok berfungsi untuk membuka blok (yaiyalah). Contohnya : {
  4. Komentar pada bahasa C berfungsi untuk membantu para progammer mengingat pada bagian terpenting dalam struktur datanya atau bisa juga untuk menandai bagian tertentu agar nantinya mudah gampang mencarinya kembali.
  5. Statement di sini merupakan kumpulan perintah yg merupakan inti dari pemroraman itu sendiri, misalnya rumus-rumus dan lain sebagainya.
  6. Penutup Blok berfungsi untuk menutup blok (yaiyalah wkwk)
Udah sekian saja ilmu dari ane (Ceilee), sedikit-sedikit juga gak apa-apa yg penting tidak bermanfaat.

Materi dapat di download di halaman ini

0 komentar:

Posting Komentar